Pages

Senin, 11 Mei 2009

Mitos dan Fakta tentang Windows Xp

1. RAM yang KOSONG MEMPERCEPAT WINDOWS

Mitos : Jika RAM secara teratur dikosongkan dengan sebuah file batch atau RAM tool, windows akan bekerja jauh lebih cepat dan lancar

Fakta : Windows sering menyimpan file sementara yang masih dibutuhkannya dalam RAM. Jika RAM terus menerus dibersihkan, windows terpaksa menyimpannya di hardisk. Karena akses ke hardisk perlu waktu lebih lama, windows bukannya menjadi lebih cepat, mala lebih lambat.

2. SHUTDOWN WINDOWS sebelum MEMATIKAN PC

Mitos : Hal-hal buruk akan terjadi jika anda mematikan PC tanp men-shutdown windows. Hardisk bisa rusak, kehilangan data atau koneksi ke jaringan tak lagi berfungsi setelah restart

Fakta : Jika anda mematikan PC ketika hardisk sedang bekerja, anda memang mendapat file yang tidak dapat dibaca karena belum tuntas dtulis ke hardisk. Data baru yang belum sempat tersimpan akan hilang. Chip melakukan crash-test dengan mematikan begitu saja sebuah PC windows xp home berkali-kali. Banyak aplikasi seperi Ms word dibiarkan terbuka, koneksi jaringan dan internet juga belum diputus. Ternyata PC tetap berfungsi tanpa masalah.
Jika koneksi ke jaringan tida lagi berfungsi, yang rsak adalah file konfigurasi windows yang kemungkinan sedang terbuka ketika PC dimatikan, bukan hardwarenya. Kesimpulannya, mematikan PC begitu saja tidak meruusak hardware seperti hardisk atau LAN card. Namun, proses shutdown yang benar akan menjamin data anda tidak rusak.

3. jika RAM BESAR, CACHE juga harus BESAR

Mitos : Jika RAM anda lebih dari 512 MB, perbesar nilai entri registry ‘DisablePaging Executive’ dan ‘LargeSystemChace’ untuk meningkatkan performa sistem.

Fakta : Itu tidak benar. Kedua entri tersebut adalah untuk menetapkan sesering apa windows menyimpan perubahan pada file-file sistem dan sejenisnya secara otomatis pada hardisk. Bila jumlah akses ke hardisk dikurangi, data akan tersimpan lebih lama dalam RAM. Akibatnya, sebagian besar RAM tidak lagi tersedia bagi aplikasi dan layanan sehingga mereka menjadi lebih lamban karena harus selalu menunggu hingga tersedia RAM yang dibutuhkan. Server jaringan dengan windows 2000 server memang menjadi lebih cepat karena sistem pengelolaan RAM-nya berbeda, tetapi pada windows versi lai akan berdampak sebaliknya.

0 Comments:

Post a Comment